8 Fakta Manfaat Olahraga Yang Tak Banyak Terungkap


Hampir semua orang tahu tentang besarnya manfaat olahraga dalam menjaga kesehatan. Olahraga merupakan kegiatan aktivitas yang menggerakkan sebagian atau seluruh bagian tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih bugar dan lebih sehat. Olahraga juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga asupan nutrisi di dalam tubuh akan terserap dengan lebih baik.

Ada banyak jenis olah raga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan, dan itupun tidak harus olahraga yang berat. Berjalan kaki, jogging atau berlari santai, senam, atau bersepeda merupakan olahraga ringan dan murah yang berguna untuk membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga tubuh pun terasa lebih segar.

manfaat olahraga

Berikut ini adalah 7 fakta tentang manfaat olahraga yang belum banyak diketahui.

  1. Olahraga untuk Anak

Olahraga bukanlah sekedar kegiatan fisik dalam menggerakkan anggota badan. Olahraga ternyata memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda untuk setiap kelompok usia. Bagi anak-anak, selain untuk menyehatkan tubuh olahraga juga berfungsi untuk mengembangkan motorik anak maupun sebagai kegiatan untuk membangun interaksi social.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Melakukan olahraga berguna dalam meningkatkan serotonin, yaitu hormon dalam otak yang bertugas mengatur emosi, pemahaman, serta nafsu makan. Peningkatan hormon ini akan membuat emosi lebih stabil dan membuat otak lebih jernih dalam memahami dan menjalankan setiap aktivitas yang dilakukannya secara lebih baik.

  1. Olahraga untuk Melawan Penyakit

Banyak penelitian menemukan besarnya manfaat olahraga sebagai terapi untuk menangkal berbagai jenis penyakit berbahaya. Diantaranya, olahraga mampu menekan risiko mengalami kematian pada usia muda hingga 30 persen, menangkal risiko penyakit jantung koroner sebesar 35 persen, mengurangi risiko diabetes mellitus (50 persen), risiko kanker kolon (50 persen), risiko peradangan sendi (83 persen), risiko patah tulang pinggang (68 persen), risiko kanker payudara (20 persen), risiko penyakit dementia (30 persen), dan mengurangi risiko depresi hingga 30 persen.

  1. Olahraga Memberikan Manfaat Psikologis

Meskipun olahraga merupakan aktivitas fisik atau jasmani namun manfaatnya juga dirasakan secara psikologis. Pengaruh penting olahraga adalah efek relaksasi yang ditimbulkannya sehingga sangat berguna dalam mencairkan dan mengurangi tingkat stress. Kondisi ini sangat berguna dalam mengendalikan emosi dan amarah, serta membangun hubungan social yang lebih baik. Baik di lingkungan kerja maupun di rumah tangga dengan keluarga dan pasangannya.

  1. Olahraga Memberikan Vitalitas Hidup Lebih Baik

Tantangan dunia kerja yang sangat dinamis maupun makin polutifnya lingkungan akan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Hidup pun akan terjebak dalam arus modern yang sebenarnya merugikan tubuh. Nah, dengan manfaat olahraga akan membuat seseorang akan lebih tenang dalam menjalani aktivitas hariannya dan lebih energik dalam menghadapi setiap tantangan yang dihadapi. Sistem metabolism tubuh yang meningkatkan akan merangsang semangat dan vitalitas hidup yang lebih baik.

  1. Olahraga Bisa Meningkatkan Efektivitas Program Diet

Olahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga akan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini juga akan menyeimbangkan kebutuhan makan dan pembakaran lemak yang masuk. Metabolisme yang meningkatkan juga akan mendukung penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh secara lebih efektif. Keberhasilan program diet, terutama untuk menurunkan berat badan, memang tidak secara langsung disebabkan oleh olahraga namun juga dari dukungan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk itu. Namun mengkombinasikan nutrisi diet dengan olahraga akan membuat diet lebih efektif hasilnya.

  1. Memilih Jenis Olahraga yang Sesuai

Setiap jenis olahraga memberikan hasil yang berbeda untuk setiap orang. Untuk mendapatkan manfaat olahraga yang optimal, pilihlah jenis olahraga dengan aktivitas sedang namun disiplin dilakukan secara kontinyu. Olahraga sedang akan mampu meningkatkan denyut jantung dan mengeluarkan keringat, seperti jogging atau lari santai, berjalan cepat, bersepeda, serta senam.

  1. Durasi Olahraga yang Direkomendasikan

Masalah lamanya waktu yang digunakan untuk olahraga sebenarnya berbeda untuk setiap orang dan kelompok usia. Kalangan medis memberikan rekomendasi durasi waktu olahraga berdasarkan usia. Untuk memperoleh manfaat olahraga secara optimal, maka durasi olahraga untuk anak-anak dengan usia kurang dari 5 tahun (balita) sekitar 180 menit setiap hari, kelompok remaja dengan usia 6 hingga 18 tahun adalah sekitar 60 menit perhari, dewasa dengan usia 19 hingga 64 tahun adalah 150 menit perminggu, sedangkan usia tua di atas 65 tahun sebanyak 150 menit perminggu.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Murah

Statistik