Ada Gak Sih Manfaat Kopi Bagi Kesehatan?


Adakah manfaat kopi bagi kesehatan tubuh? Selama ini umumnya kita meminum kopi untuk menahan rasa kantuk, terutama bagi karyawan tugas malam maupun orang yang ingin menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dan harus segera selesai. Logikanya, tubuh yang sudah butuh istirahat namun dipaksa untuk melek sehingga tentunya justru akan merugikan tubuh itu sendiri.

Kopi merupakan jenis minuman yang dibuat dari hasil ekstraksi biji tanaman kopi yang dilembutkan. Istilah kopi berasal dari bahasa Arab ‘qahwah’ yang artinya kuat atau kekuatan. Sedangkan jenis kopi secara umum ada dua berdasarkan biji kopinya, yaitu kopi robusta dan kopi arabika.

manfaat kopi

Kopi arabika merupakan jenis kopi dengan kualitas terbaik yang diolah dari biji kopi arabika yang berwarna hijau hingga merah gelap dan berukuran agak kecil. Sedangkan kopi robusta merupakan jenis kopi kelas dua dengan rasa lebih pahit, agak asam, dengan kandungan kafein yang lebih tinggi.

Selain dua jenis kopi itu, masyarakat juga mengenal tentang kopi luwak. Kopi luwak bukan merek dagang melainkan kopi yang diolah dari biji kopi yang telah dimakan binatang luwak. Varietasnya kemungkinan dari jenis kopi arabika yang setelah dimakan binatang sejenis musang ini namun tidak mampu diolah oleh perutnya dan dikeluarkan lagi bersama kotorannya. Biji kopi luwak ini telah mengalami fermentasi secara alami di perut luwak sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan menjadikannya sebagai kopi dengan harga paling mahal di dunia.

Kafein dan Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Saat ini ada banyak sekali jenis minuman kopi berdasarkan cara pembuatannya yang berbeda-beda. Anda tentunya mengenal kopi hitam, kopi tubruk, cappuccino, macchiato, irish coffee, dan masih banyak lagi. Jenis kopi semacam ini lahir sebagai upaya untuk menekan kadar kafein yang rasanya pahit. Proses dekafeinasi ini juga banyak dilakukan untuk mengambil manfaat kopi dan menekan dampak buruk kafein terhadap tubuh.

Seperti dikutip dari Wikipedia, kafein merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dengan rasanya yang pahit. Kandungan kafein ini sebenarnya juga terdapat pada teh maupun coklat dan tugasnya untuk menaikkan kerja psikomotor yang membuat energi tubuh meningkat sehingga tubuh pun lebih bertenaga.

Sekedar untuk memberikan perbandingan tentang kadar kafein pada beberapa jenis minuman, yaitu dalam secangkir kopi terdapat sekitar 85 mg kafein, teh 35 mg, minuman berkarbonasi 35 mg, sedangkan kadar kafein dalam minuman berenergi sebanyak 50 mg. Begitu juga untuk kopi instan kadar kaein mencapai 2,8 – 5,0 %, kopi moka 1 %, kopi robusta 1,48 %, dan kopi arabika 1,1 %.

Selain kafein, juga terdapat sejumlah kandungan penting lainnya dalam kopi, seperti senyawa antioksidan yang terdiri dari jenis flavonoid, tokoferol, polifenol, proantosianidin, kumarin, serta asam klorogenat. Uniknya, jika kafein bisa berkurang atau rusak jika dimasak dengan air namun aktivitas antioksidan ini justru meningkat saat direbus dalam air mendidih.

Tidak sedikit persepsi yang salah tentang tidak adanya manfaat kopi dan dampak negatif kopi bagi tubuh, seperti meningkatnya risiko terkena berbagai penyakit berbahaya, dari insomnia, penyakit jantung, kanker, hingga diabetes mellitus. Namun tak sedikit penelitian yang justru memperlihatkan bukti sebaliknya. Seperti ditulis Wikipedia, kandungan antioksidan dalam kopi justru berguna untuk menangkal radikal bebas sehingga berguna dalam menangkal penurunan respon imun maupun mencegah risiko terkena kanker, diabetes mellitus tipe 2, maupun serangan penyakit jantung.

Dengan berbagai fakta tersebut memperlihatkan bahwa meskipun menyimpan potensi dampak buruk terhadap tubuh, kopi juga berguna dalam meningkatkan kesehatan dan menangkal berbagai jenis penyakit berbahaya. Nah, untuk memperoleh manfaat kopi bagi kesehatan secara optimal, batas aman konsumsi kafein minuman kopi yang direkomendasikan adalah antara 100 – 150 mg per harinya.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Murah

Statistik