Cara Mengatasi Kram Perut Secara Alami


Cara mengatasi kram perut secara alami. Saat melakukan aktivitas, mungkin Anda pernah mengalami rasa nyeri disertai kaku pada bagian perut atau yang biasanya disebut dengan kram. Kejadian perut kram bisa dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat sedang melakukan aktivitas.Namun dalam kondisi tertentu bisa mengalami perut kram.

Cara Mengatasi Kram Perut Secara Alami

Perut kram bisa karena kontraksi otot pada bagian perut.Ada beberapa penyebab yang menjadikan perut kram diantaranya telat makan. Telat makan bisa disebabkan karena aktivitas yang menumpuk. Stress yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan perut kram. Kondisi perut kosong apabila tiba-tiba diisi oleh jenis makanan asam dan pedas bisa memicu perut kram.

Sedangkan kram usus adalah gangguan pada aliran normal isi usus sepanjang intestinal. Obstruksi terjadi ketika ada gangguan yang menyebabkan terhambatnya aliran isi usus ke depan tetapi peristaltiknya normal. Rasa sakit yang dialami ketika terserang kram usus adalah rasa sakit yang teramat sangat di daerah perut.Untuk pertolongan pertama minum lah air putih, setelah rasa sakit hilang jangan dianggap sudah sembuh karena kram usus bisa kambuh lagi.

Rasa sakit  perut melilit akibat kontraksi otot polos yang terdapat pada organ dalam rongga perut meliputi banyak organ, termasuk lambung, usus, kantong empedu, pankreas, esfagus, ginjal, ureter serta rahim dan juga organ reproduksi wanita lainnya. Perut kram memang bukan merupakan suatu penyakit yang berbahaya, namun anda harus tetap berhati-hati jika terlalu sering mengalami kram perut.Karena kram perut bisa mengindikasikan bahwa anda  mengidap atau sebagai pertanda gejala awal menderita penyakit kantong empedu, maag, batu ginjal, batu kandung kemih, penyakit usus buntu, hernia, kolik, dan kanker usus besar.

Berikut beberapa cara mengatasi kram perut :

  • Cara pertama untuk mengatasi kram perut adalah dengan mengendurkan otot yang berkontraksi tersebut. Caranya sediakan botol kemudian isi dengan air hangat, tempelkan pada bagian perut yang mengalami kram.

 

  • Konsumsi kulit manggis. Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan antioksidan di dalam kulit buah manggis dapat membantu untuk melindungi dan menurunkan kandungan asam yang tinggi pada lambung. Zat antimikroba dalam kulit manggis dapat memerangi bakteri, jamur dan parasit di dalam perut. Selain itu, kandungan zat antimikroba tersebut bisa bekerja untuk membantu mengatasi iritasi yang terjadi pada usus kecil dan besar yang bisa menyebabkan adanya gangguan fungsi pada pencernaan dan diare.

 

  • Konsumsi daun sirsak. Daun sirsak mempunyai kandungan anopentosin A, anopentosin B, Anopentosin C, murikatosinacetoginin A, murikatosin B, murikapentosin, anomurisin E. Daun sirsak juga bisa menimbulkan efek menenangkan, karena mampu menenangkan otot dan mengurangi perasaan cemas yang dialami seseorang karena

 

  • Cara mengatasi kram perut juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung kalsium dan magnesium seperti bayam, labu dan sayuran hijau lainnya. Sementara obat atau suplemen yang di konsumsi untuk meredakan rasa sakit adalah yang kaya akan vitamin D,kalsium, magnesium, omega-3, dan vitamin E.

 

  • Buah nanas mengandung banyak kandungan bromelain yang dapat berguna untuk membantu meredakan nyeri dan kram perut. Buah nanas dapat di konsumsi dengan cara membuatnya menjadi jus. Cara mengatasi kram perut ini dipercaya sangat ampuh dan efektif.

 

  • Daun beluntas. Cara mengatasi kram perut dengan daun belutas yaitu campurkan daun beluntas, asam jawa dan garam , lumat kan lalu rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum sehari 2 gelas sampaisakitnya reda.

Semoga informasi cara mengatasi kram perut di atas bisa membantu.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statistik