CARA MENGATASI TEKANAN DARAH RENDAH ATAU HIPOTENSI


Penyakit tekanan darah tinggi kali dianggap sama dengan penyakit kekurangan darah. Padahal sebenarnya kedua penyakit tersebut sangatlah berbeda.

 Perlu anda ketahui bahwa penyakit kurang darah (anemia) adalah kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin atau kekurangan sel darah merah. Sel darah merah ini bertugas membawa serta mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Cara mengatasi kurang darah yaitu dengan mengubah pola diet yang anda lakukan, cukup istirahat serta makan makanan yang mengandung zat besi (misalnya: bayam).

mengatasi tekanan darah rendah

Sedangkan penyakit tekanan darah rendah (hipotensi) adalah kondisi dimana tekanan darah seseorang di bawah tekanan normal atau sangat rendah. Tekanan darah normal pada manusia yaitu berkisar 120/80 mmhg. Gejala penyakit tekanan darah rendah yaitu pusing, cepat lelah, mudah pingsan, sesak napas, mual, jantung berdebar, penglihatan kabur, kulit lembab dan demam.

Penyakit Darah Rendah Bisa Diatasi Dengan Menggunakan:

  1. Kopi

Kopi murni atau minuman yang mengandung kafein akan membantu anda mengatasi tekanan darah rendah menjadi normal. Minumlah satu cangkir kopi murni kental di pagi hari jika anda menderita penyakit tekanan darah rendah. Tapi jangan terlalu sering minum kopi karena akan memberikan efek tidak baik untuk jangka panjang.

  1. Air Garam

Air garam mengandung banyak sodium sehingga bisa meningkatkan tekanan darah anda. Akan tetapi jangan juga terlalu banyak mengkonsumsi garam karena tidak sehat. Cara mengatasi tekanan darah rendah cukup dengan mencampurkan ½ sendok the garam dengan satu gelas air. Minumlah air larutan garam tersebut 1 kali dalam sehari. Anda juga bisa meminumnya setelah selesai berolahraga.

  1. Kismis

Kismis dipercaya sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah rendah.

Caranya :

  • Rendamlah 30 sampai 40 biji kismis dengan satu cangkir air hangat
  • Rendam selama satu malam
  • Makan kismis tersebut satu persatu di pagi harinya sebelum anda minum atau makan makanan lain
  • Setelah makan kismis, minumlah air rendaman kismis tersebut
  • Lakukan selama satu minggu penuh
  1. Daun Kemangi

Daun kemangi kaya akan kandungan vitamin C, kalium, asam pantotenat serta magnesium yang sangat ampuh mengatasi tekanan darah rendah. Aroma yang dihasilkan daun kemangi juga akan mengurangi stress dan menyeimbangkan pikiran anda.

Caranya :

  • Ambil 10 hingga 15 lembar daun kemangi, kemudian buatlah menjadi jus dengan menambahkan satu sendok madu.
  • Minum jus kemangi tersebut setiap hari sebelum perut terisi minuman atau makanan lain.
  • Selain dengan membuatnya menjadi jus, anda juga bisa mengunyah 4 hingga 5 lembar daun kemangi di pagi hari setiap harinya.
  1. Rosemary

Rosemary akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan merangsang sistem saraf pusat, sehingga sangat baik untuk mengatasi tekanan darah rendah. Anda cukup menambahkan 3 hingga 4 tetes minyak esensial rosemary pada makanan atau minuman anda.

Semoga tips mengatasi tekanan darah rendah di atas bermanfaat.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Murah

Statistik