Hindari Penyebab Sakit Ulu Hati Berikut Ini


Sakit pada ulu hati biasanya sering dirasakan oleh banyak orang. Apabila merasakan mual dan kembung pada perut ini menandakan seseorang tersebut menderita gastritis. Gastritis merupakan proses radang pada lambung. Penyebab radang pada lambung adalah seringnya telat makan.

Semua berkaitan dengan asam lambung, di dalam sistem pencernaan pada manusia asam lambung diproses oleh sel pariental yang memiliki tujuan untuk memproses pencernaan makanan. Proses produksi asam lambung dipengaruhi oleh siklus makan pada seseorang.

Apabila seseorang memiliki jadwal makan yang teratur 3 kali dalam sehari makan begitu juga dengan produksi asam lambung akan diproduksi pada jam – jam tersebut. Jika seseorang terlambat makan maka asam lambung yang terlanjur diproduksi oleh lambung tidak dapat mencerna makanan sehingga menyebabkan luka pada lapisan lambung. Oleh karena itu terjadilah gastritis.

Hindari Penyebab Sakit Ulu Hati Berikut Ini

Berikut ini penyebab sakit ulu hati :

  1. Jenis makanan dan minuman yang memicu maag

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang mempengaruhi meningkatnya kadar asam pada lambung yang meningkatkan produksi gas ataupun udara di dalam lambung sehingga menjadi . Gas atau udara dalam lambung akan menjadi penyebab sakit ulu hati dan juga menyebabkan rasa sesak pada ulu hati.

  1. Pola diet yang tidak sehat

Pola diet yang tidak sehat akan menjadi penyebab sakit ulu hati karena meningkatkan asam lambung yang berlebihan, sehingga mengakibatkan nyeri atau perih pada ulu hati.

  1. Kebiasaan pola makan yang tidak teratur

Jadwal makan yang tidak teratur akan menjadi salah satu penyebab sakit ulu hati. Kebiasaan terlambat makan akan meningkatkan produksi asam lambung yang berlebihan.

  1. Stress

Stress terjadi karena tidak dapat terkontrolnya emosi, perasaan dan pikiran. Pada saat mengalami stress seluruh organ tubuh bekerja lebih keras dan cepat dari biasanya pada saat kondisi tenang. Sehingga stress merupakan penyebab sakit ulu hati yang sulit untuk dihindari.

  1. Infeksi mikroorganisme pathogen

Bakteri memiliki ketahanan hidup dalam keasaman, bakteri Helicobacter pylori adalah bakteri penyebab sakit ulu hati. Jamur dan virus juga dapat menginfeksi lambung, namun biasanya terjadi pada penyakit maag yang sudah lama yang sistem kekebalan tubuhnya menurun.

  1. Penyakit GERD (Gastroesophageal reflux disease)

GERD adalah merasakan seperti terbakar pada ulu hati ataupun pada tulang dada. Hal ini terjadi karena regurgitasi makanan yang mengakibatkan asam lambung kembali ke kerongkongan.

  1. Ulkus peptikum dan duodenum (tukak lambung)

Adanya luka pada lambung yang menyebabkan sakit yang menimbulkan rasa mual, penyakit ini akan menjadi penyebab sakit ulu hati.

  1. Kanker lambung

Terjadinya rasa sakit pada ulu hati dan juga bisa disebabkan karena kanker lambung.

  1. Penyakit Liver (hati)

Hepatitis yang terjadi karena peradangan hati akan menjadi penyebab sakit ulu hati karena adanya infeksi virus.

Semoga artikel tentang penyebab sakit ulu hati memberikan manfaat untuk pembaca. Biasakan melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Murah

Statistik