Ikuti Tips Ini Jika Anda Pemula dan Buta dalam Bisnis!


Apakah Anda termasuk dalam kondisi ini, bosan kerja jadi pegawai dan ingin mulai bisnis, tetapi modal terbatas? Atau, sudah lama menganggur dan ingin mencoba bisnis yang terlihat lebih menarik daripada kerja di kantoran tetapi tidak punya modal? Jika modal adalah masalah utama Anda untuk kerja dan sukses, sebaiknya jangan takut! Anda tidak sendiri. Bahkan, rasanya beberapa pemilik bisnis terkenal memiliki mental seperti ini juga di awalnya. Tahukah Anda apa yang perlu dilakukan? Gratis kok, enggak ribet juga! Anda hanya butuh keberanian. Ya, perlu ada keberanian untuk memulai kondisi yang penuh risiko, tapi menggiurkan seperti ini.

Namun, bagaimana ya cara yang tepat untuk memulai bisnis agar tidak rugi di awal? Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan jika ingin serius memulai suatu bisnis. Bukan hanya hubungan lho ya yang serius, bekerja pun perlu totalitas!

  1. Fokus pada satu tujuan dan bidang bisnis.

Seiring perkembangan teknologi, ternyata tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang diuntungkan. Misalnya perusahaan yang berbasis digital seperti perusahaan e-commerce. Namun, perkembangan ini juga menjadi peluang akan lahan pekerjaan baru bahkan lebih banyak. Tanpa disadari, sebenarnya apapun bisnis yang akan Anda jalankan asalkan berbasis online, pasti akan terbentuk. Hanya saja, apakah bisnis tersebut akan untung dalam jangka waktu lama atau tidak?

Buktinya banyak, lihat saja di media social. Sepertinya media social saat ini telah beralih fungsi menjadi lahan pelapak atau tempatnya orang berjualan daripada fungsi awalnya yang sekadar untuk bertukar informasi pribadi pada lingkup pertemanan. Namun, apakah bisnis model tersebut menjanjikan?

Untuk itu, dengan melihat persaingan bisnis level mikro yang semakin ketat, sebaiknya siapkan strategi untuk memulainya. Pertama, Anda harus memiliki impian. Apa yang menjadi kesenangan Anda selama ini, khususnya dalam melihat bisnis. Setelah hal tersebut terjawab, tentukanlah satu tujuan dan impian. Anda hanya perlu focus pada satu bidang bisnis, agar pengerjaannya pun dapat maksimal. Terlepas dari kepribadian Anda yang kreatif dan pekerja keras, tetapi bisnis perlu penanganan tersendiri yaitu dengan tetap fokus pada satu tujuan. Itu saja!

  1. Dengarkanlah orang lain dan jangan takut untuk memulai!

Apabila Anda benar-benar tidak memiliki pengetahuan dasar dalam bisnis, sebaiknya tambah wawasan dengan rajin bertanya pada orang lain maupun cari tahu melalui online. Akibat era modern, rasanya pengetahuan sangat mudah didapatkan dan yang terpenting adalah gratis! Ya, Anda cukup membuka gadget pintar Anda dan cari apapun yang ingin Anda ketahui. Jika Anda masih kesulitan dengan modal, jangan takut! Anda dapat menemukan jawabannya melalui online. Tuh kan, kurang apalagi coba dunia online ini?

Anda dapat mencoba peruntungan bisnis dengan mencari referensi, kira-kira apa ya investasi terpercaya yang dapat diikuti dalam memulai bisnis? Jangan ragu untuk menetapkan inestasi itu dan memulai bisnis Anda. Bukankah semakin lama memulai, akan semakin malas untuk melanjutkan? Benar tidak?

  1. Tetapkan strategi dan jalankan sedikit demi sedikit.

Setelah berhasil menentukan investasi mana yang akan Anda gunakan, sekarang saatnya untuk benar-benar memulai. Mulailah dengan merumuskan strategi bisnis Anda dalam secarik kertas. Jika sudah disempurnakan, barulah dapat Anda cetak dan temple di tempat yang sering Anda jangkau. Cara ini merupakan yang paling tepat untuk mengembalikan semangat, terlebih ketika Anda mulai putus asa dengan bisnis Anda nantinya.

Terakhir adalah eksekusi. Coba lihat kembali, berapa total tabungan yang Anda miliki saat ini untuk memulai bisnis? Saat kedepannya, tak perlu gegabah mengeluarkan dana yang besar. Namun, Anda harus pintar mengelola keuangan dan pakailah sedikit demi sedikit asalkan tercukupi. Ingat, tercukupi ya bukan dicukup-cukupi! Anda tak perlu khawatir, sebab tetap dapat melakukan investasi menguntungkan dengan modal 10 juta saja! Tenang saja, bisnis Anda tetap berjalan bahkan semakin kuat meskipun dengan modal kecil.

Nah, itu tadi 3 tips ampuh yang sebenarnya sangat penting untuk membangun mental Anda yang benar-benar buta dengan dunia bisnis. Selamat mencoba!

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Murah

Statistik