Inilah 7 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Wanita


Mungkin banyak diantara anda yang belum mengenal manfaat vitamin E bagi tubuh manusia. Padahal vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh maupun untuk perawatan kulit. Namun karena sifatnya yang tidak larut dalam air, maka konsumsi nutrisi ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Apalagi ada potensi bahaya jika tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Vitamin E merupakan istilah atau nama yang ditujukan untuk campuran senyawa yang berperan dalam nutrisi. Nama vitamin ini menunjuk pada 2 jenis molekul, yaitu tocopherol dan tocotrienol yang mendukung fungsi vitamin E. Tocopherol berasal dari bahasa Yunani dimana toketos artinya kelahiran anak. Saat pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh ilmuwan Amerika Serikat bernama Dr HM Evans, manfaat vitamin E justru berkaitan erat dengan problem kemandulan.

Pada penelitian itu, Evans menemukan bahwa janin tikus percobaannya akan mati dalam beberapa hari tanpa adanya vitamin E. Setelah itu diketahui bahwa vitamin E sangat berperan dalam meningkatkan kesuburan, mencegah dan mengatasi problem kemandulan, mengatasi gangguan menstruasi dan peradangan vagina, serta mengatasi gangguan menopause.

Vitamin E bersifat basa, relatif tahan terhadap panas, dan mudah larut dalam pelarut lemak seperti minyak, lemak, aseton, eter, atau alcohol. Di dalam tubuh, vitamin ini hanya bisa dicerna dengan bantuan empedu hati. Karena itulah vitamin ini umumnya terdapat pada makanan atau sayuran yang mengandung minyak, seperti susu, telur, mentega, minyak biji gandum, minyak jagung, minyak kedelai, maupun biji bunga matahari.

Sedangkan buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin E antara lain selada, alfalfa, asparagus, ubi jalar, berbagai jenis kacang-kacangan, pisang, strawberry, dan buncis. Manfaat vitamin E juga bisa diperoleh dari sayuran yang berwarna hijau maupun makanan segar yang belum diolah.

Takaran Dosis Untuk Manfaat Vitamin E

Karena vitamin E tidak larut dalam air, maka asupan nutrisi ini secara berlebihan akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Sejumlah kasus yang sering terjadi akibat over nutrisi vitamin E adalah terganggunya sistem kekebalan tubuh dengan gejala mengalami kelelahan, sakit kepala, dan pusing yang diikuti terganggunya fungsi penglihatan.

Lantas berapa dosis yang direkomendasikan untuk konsumsi harian? Dalam berbagai catatan medis seperti dikutip dari Wikipedia, kebanyakan orang Indonesia, khususnya para perempuannya, telah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E sebanyak 10,4 hingga 13,4 IU per hari. Jumlah ini sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan minimal vitamin E dalam darah sebanyak 8 sampai 10 IU.

Namun untuk kondisi tertentu dimana ada bagian tubuh yang terserang penyakit, maka asupan tambahan vitamin E tentunya dibutuhkan tubuh. Bahkan untuk menangkal berbagai penyakit kronis, kebutuhan vitamin E bisa mencapai 100 hingga 400 IU. Apalagi sifatnya yang larut dalam lemak akan sangat menguntungkan terutama untuk menangkal radikal bebas maupun penyebab berbagai penyakit kronis yang umumnya menyerang lipoprotein dan membran sel yang tersusun atas molekul lemak.

Kekurangan vitamin E akan sangat merugikan kesehatan tubuh. Selain akan menyebabkan hemolisis eritrodit yang menjadikan tubuh kekurangan sel darah merah, sistem saraf dan otot juga akna terganggu, gangguan penglihatan, terjadinya anemia, serta membuat tubuh menjadi lemah.

manfaat vitamin E

Sedangkan menyangkut kegunaan maupun manfaat vitamin E bagi kesehatan ternyata sangat banyak, diantaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menekan risiko terkena penyakit kanker dan jantung, dan juga mencegah serangan berbagai penyakit degeneratif yang berbahaya.

Berikut ini manfaat vitamin E untuk perawatan kecantikan maupun menjaga kesehatan kaum perempuan yang sebaiknya anda tahu.

  1. Menghaluskan Kulit dan Anti Penuaan Dini

Vitamin E dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan membuat kulit lebih segar dan lebih halus. Vitamin E juga sangat dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang kulit, baik dari udara polutif maupun terpaan sinar ultraviolet dari matahari. Dengan asupan vitamin E yang cukup akan dapat mencegah timbulnya tanda penuaan dini.

  1. Meningkatkan Kesuburan dan Mencegah Kemandulan

Kekurangan vitamin E akan menyebabkan terjadinya kemandulan pada wanita. Asupan vitamin E akan mencukupi kebutuhan sel darah merah dan meningkatkan kesuburan wanita. Bagi para wanita yang kesulitan untuk hamil bisa mencoba mengkonsumsi buah, sayuran atau makanan yang banyak mengandung vitamin E.

  1. Meningkatkan Kualitas ASI dan Tumbuhkembang Bayi

Vitamin E sangat dibutuhkan bayi yang baru dilahirkan untuk pertumbuhan maupun perkembangan bayi. Air susu ibu sangat kaya dengan kandungan vitamin E. Jika seorang ibu yang baru melahirkan kesulitan menyusui, maka perlu mengambil manfaat vitamin E dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi ini untuk meningkatkan kualitas ASI-nya.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Murah

Statistik