Inilah Manfaat Yoghurt, Kiat Sehat tanpa Efek Sakit Perut


Kebanyakan kita mungkin telah merasakan manfaat yoghurt untuk kesehatan. Rasanya yang asam manis dan enak, susu fermentasi ini juga memiliki aroma khas sehingga terkesan seperti tak lagi ada kandungan susunya. Padahal bahan utama yoghurt adalah susu, baik susu sapi hingga susu kedelai.

Bagi kebanyakan orang Indonesia mengkonsumsi susu bukanlah hal yang mudah. Sebabnya karena umumnya susu memberikan efek pada perut mules. Efek ini bisa jadi karena kita memang tidak atau kurang terbiasa dengan konsumsi susu. Coba bandingkan dengan orang-orang Barat dimana mereka selalu minum susu hingga usia tua untuk menjaga kesehatannya.

Yoghurt merupakan minuman hasil fermentasi bakteri dengan bahan utama susu, khususnya susu sapi. Fermentasi laktosa pada susu menghasilkan asam laktat pada protein susu sehingga menghasilkan cita rasa dan tekstur yang unik. Dalam produksi komersial umumnya yoghurt dicampur dengan berbagai jenis rasa agar lebih nikmat, seperti rasa coklat atau rasa buah.

Tidak ada informasi yang cukup kuat tentang siapa yang menemukan yoghurt dan kapan pertama kali dihasilkan. Meskipun susu telah dikenal sejak 2500 SM, namun yoghurt kemungkinan ditemukan oleh bangsa Bulgaria pada abad 2 M sebagai hasil fermentasi spontan oleh bakteri liar. Penduduk ini bahkan diketahui memiliki umur panjang yang ditengarai karena kebiasannya minum yoghurt meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah.
manfaat yoghurt

Produksi yoghurt secara komersial pertama kali dilakukan Isaac Carasso di Barcelona Spanyol pada tahun 1919. Dalam proses pabrikasi, yoghurt dibuat dengan cara memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu dengan mengontrol temperatur maupun kondisi lingkungannya. Bakteri yang digunakan dalam fermentasi susu yoghurt umumnya adalah jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus strain.

Dari hasil fermentasi itulah yoghurt kemudian memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan, seperti kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, riboflavin, zat besi, fosfor, potassium, sodium, serta kaya dengan protein.

Kelemahan perut orang Indonesia yang sering sakit saat mengkonsumsi susu terutama akibat kurangnya enzym dalam mencerna lactose atau gula susu. Fermentasi susu dalam yoghurt sangat berguna dalam mengurangi kepekaan terhadap susu sehingga kita lagi mengalami masalah sakit perut. Apalagi yoghurt juga lebih mudah dicerna tubuh dan meningkatkan daya serap tubuh terhadap berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu yang digunakan dalam pembuatan yoghurt.

Berikut ini berbagai manfaat yoghurt untuk kesehatan dan mengatasi berbagai macam penyakit.

  1. Menyembuhkan Diare dan Melancarkan Pencernaan

Banyak penelitian menemukan bahwa kandungan dalam yoghurt sangat berguna dalam memudahkan tubuh menyerap Vitamin K dan B yang berkhasiat dalam mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti intoleransi terhadap laktosa, penyakit diare, radang usus, hingga kanker usus. Apalagi adanya gangguan pada usus ditengarai menjadi penyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit lainnya.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Konsumsi yogurt secara teratur ternyata berguna untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol tubuh maupun menangkal kolesterol jahat, dan juga mampu membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

  1. Mencegah Osteoporosis dan Memperkuat Tulang

Tingginya kandungan kalsium maupun vitamin D dalam yoghurt sangat berguna dalam untuk memperkuat tulang. Nutrisi ini juga berguna dalam mencegah dan menangkal pengeroposan tulang dan osteoporosis.

  1. Menangkal Risiko Infeksi Vagina

Manfaat yoghurt juga sangat besar bagi wanita yang secara rutin mengkonsumsinya. Hal ini karena kandungan dalam susu fermentasi ini mampu mengurangi dan mengontrol tingkat keasaman (pH) vagina sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur sehingga dapat menekan dan menangkal risiko infeksi pada vagina.

  1. Melangsingkan dan Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori dalam yoghurt sangat berguna untuk mendukung program menurunkan berat badan karena mampu membuat perut kenyang dengan meminum yoghurt.

Itu berbagai khasiat minuman yoghurt untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yoghurt karena kandungan nutrisinya juga seperti yang terdapat dalam susu sebagai bahan utama yang digunakan dalam pembuatan yoghurt.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statistik