Manfaat Kunyit Putih, Rimpang Ajaib Pelenyap Kanker


Selama ini manfaat kunyit putih sering dicampuradukkan dengan berbagai jenis temu-temuan lainnya, seperti kunir atau kencur yang dikenal sebagai bumbu dapur. Meskipun masih dekat dengan kencur namun kunyit putih merupakan rempah yang lebih banyak digunakan sebagai obat.

Untuk mengenali kunyit sebenarnya cukup mudah karena adanya sejumlah cirri-ciri yang khas terdapat pada tumbuhan ini. Jika kunyit biasa daging rimpangnya berwarna kuning tua, pada kunyit putih cenderung berwarna krem atau kuning muda dan warna ini tidak mengalami perubahan meski dibuat ekstrak. Selain itu bintik pada kunyit putih seperti yang terdapat pada jahe dan saat dibaui aromanya wangi seperti bau mangga kweni yang harum.

Khasiat obat dan manfaat kunyit putih terutama karena banyaknya kandungan kimia yang terdapat didalamnya. Diantaranya kurkumin, amilum, saponin, flavonoid, tianin, protein toksis, minyak atsiri, gula, dan dammar. Dari hasil penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) ditemukan bahwa senyawa-senyawa itu memberikan efek antineoplastik yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara merusak terbentuknya ribosom dalam sel kanker tersebut.

Dalam mekanisme kerjanya, kunir putih tidak membunuh sel kanker melainkan membuatnya mandul sehingga tidak bisa berkembang. Zat ribosome inactivating protein yang terdapat dalam kunyit putih akan menempel pada sel tubuh yang kurang normal dan mengondisikan sel tersebut tak bisa berkembang lagi. Nah, sifat sel yang terbatasi oleh umur akan mati dengan sendiri saat tak bisa berkembang biak.

manfaat kunyit putih

Rimpang kunyit putih juga bersifat antioksidan yang berguna dalam melindungi asam deoksiribo nukleat yang diketahui terlibat dalam menyusun gen. Efek antioksidan ini juga berguna dalam menangkal radikal bebas yang diketahui menjadi penyabab penyakit kanker sekaligus meningkatkan sel darah merah untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Jenis kanker yang dapat diatasi dengan rimpang ini antara lain kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, berbagai jenis tumor maupun kanker yang lain.

Untuk mengambil manfaat kunyit putih bisa dilakukan dengan mengolah rimpangnya untuk dijadikan ekstrak. Selain itu bisa dengan cara memasak rimpang yang telah dibersihkan untuk diminum airnya. Beberapa tumbuhan lain yang memiliki khasiat obat untuk menangkal kanker adalah daun sirsak, mahkota dewa, dan buah mengkudu.

Ragam Khasiat Dan Manfaat Kunyit Putih

Selain untuk mengatasi penyakit kanker, kunyit putih juga dikenal berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit lainnya. Berikut ini manfaat kunyit putih untuk kesehatan lainnya yang sebaiknya anda tahu.

  1. Obat penurun panas (antipiretik)
  2. Untuk menangkal dan mengobati berbagai jenis racun (antitoksik)
  3. Mengobati sakit maag maupun nyeri pada lambung
  4. Mengobati penyakit asma dan gangguan pernafasan
  5. Menyembuhkan penyakit bronchitis dan radang saluran napas
  6. Menurunkan dan menyembuhkan sakit demam
  7. Mengatasi dan mengobati gatal-gatal (pruiritis)
  8. Mengatasi sakit bisul
  9. Sebagai obat luar untuk menyembuhkan luka
  10. Mengatasi bengkak karena memar
  11. Mengatasi masuk angin dan perut kembung
  12. Menghentikan dan mengobati pendarahan
  13. Mengecilkan rahim maupun menormalkan organ kewanitaan sesudah persalinan baik
  14. Menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di sekitar perut
  15. Menambah nafsu makan dewasa dan anak-anak
  16. Menguatkan syahwat dan vitalitas hidup

Itulah berbagai khasiat rimpang kunyit putih untuk menangkal dan mengobati berbagai penyakit yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Perlindungan terhadap radikal bebas juga membuat rimpang ini baik dijadikan sebagai bedak untuk menjaga kesehatankulit. Untuk kebutuhan praktis dan mengambil manfaat kunyit putih dalam mengobati berbagai penyakit, cara termudahnya adalah dengan membuat ramuan dengan memasaknya dan meminum airnya.

Have any Question or Comment?

One comment on “Manfaat Kunyit Putih, Rimpang Ajaib Pelenyap Kanker

Kunyit itu unik selain sebagai bumbu masakan juga bisa digunakan untuk obat dan terapi kesehatan. Informasinya bermanfaat buat kami. Thanks

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statistik