Manfaat Puasa Sebagai Detoks Terapi Kesehatan


Bagi setiap orang yang taat beragama, manfaat puasa tentu saja untuk mendapatkan pahala dan meningkatkan keimanannya. Dalam setiap agama, terdapat perintah puasa yang harus dilaksanakan oleh penganutnya sebagai ibadah. Namun dibalik perintah tersebut tentunya terkandung banyak manfaat untuk kesehatan dan kebaikan manusia.

Puasa merupakan aktivitas yang dengan sengaja dilakukan untuk menahan diri dari makan, minum, atau keduanya dalam jangka waktu tertentu. Setiap agama memiliki aturan dan ketentuan yang berlainan. Selain itu tak jarang puasa juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan spiritual yang menjalankannya, seperti yang sering dilakukan para pertapa.

manfaat puasa

Metabolisme tubuh berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsinya. Gangguan pada metabolisme dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Sayangnya, pada jaman yang serba cepat dan instan saat ini membuat manusia seperti terkondisi untuk menyesuaikan dengan hal itu.

Dampaknya, berbagai jenis makanan cepat saji menjadi alternative yang dianggap efektif untuk mengikuti dinamika yang cepat. Padahal makanan instan dan cepat saji umumnya kurang memiliki nutrisi bahkan lebih banyak kandungan zat yang berbahaya untuk tubuh. Timbulnya berbagai penyakit degenerative yang mematikan merupakan dampak paling nyata akibat konsumsi makanan modern yang tidak sehat.

Berbagai penyakit itu timbul akibat menumpuknya toksik maupun zat-zat beracun terkandung dalam makanan modern yang dikonsumsi tersebut. Mekanisme metabolisme alami tubuh maupun sistem imunitas tubuh sebenarnya mampu menolak berbagai toksin dan zat beracun yang masuk. Namun jika suplai toksik berlangsung terus menerus dan dalam jumlah yang tak terhingga tentu saja akan membuat hancur pertahanan tubuh.

Inilah Manfaat Terapi Puasa

Salah satu cara menangkal atau mencegah timbulnya suatu penyakit adalah dengan membuang semua toksik dan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Metode yang dikenal dengan istilah detoksifikasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yang cukup popular adalah dengan melakukan puasa. Cara terapi puasa ini dianggap efektif untuk membuang toksik yang menumpuk di dalam tubuh.

Sejumlah penelitian juga menemukan manfaat puasa dalam memperbaiki sekaligus melakukan restorasi fungsi dan kinerja sel dalam tubuh. Tingginya asam amino yang terakumulasi dari makanan mengalami konversi secara masif saat puasa bahkan mampu diformat ulang sebelum didistribusikan. Sel pun memiliki kesempatan memperbaiki dan melakukan restorasi terhadap fungsi maupun kinerjanya untuk membersihkan sel lemak yang menggumpal di hati sekaligus membangun sel baru.

Dengan terapi puasa, jumlah limfosit meningkat beberapa kali lipat serta terkontrolnya kadar apo-betta maupun kadar apo-alfa1 yang sangat berguna bagi tubuh dalam menangkal serangan berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit pembuluh darah maupun jantung.

Sedangkan menyangkut manfaat puasa untuk kesehatan lainnya meliputi:

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Konsentrasi urin dalam ginjal maupun kekuatan osmosis urin ternyata meningkat akibat tak adanya asupan air saat puasa. Berkurangnya volume air dalam darah ini mampu menambah prostaglandin dan merangsang kinerja pengatur pembuluh darah yang kemudian akan memacu fungsi dan kerja sel darah merah sehingga sangat bermanfaat dalam melindungi fungsi ginjal.

  1. Menyembuhkan Encok dan Radang Persendian

Terapi puasa ternyata juga mampu meningkatkan fungsi sel penetral (netrofil) penderita rematoid arthritis atau orang yang yang sakit radang persendian (encok) dalam menangkal dan membunuh bakteri. Meski perlu kajian lebih lanjut, namun manfaat puasa ini berguna dalam proses penyembuhan radang sendi.

  1. Meningkatkan Kesuburan dan Gairah Seksual Pria

Beberapa penelitian menemukan keistimewaan puasa terhadap kualitas seksual seperti anak panah yang dilepaskan dari busur. Pada awal puasa, hormon testoteron menurun sehingga nafsu seksual pun ikut turun. Namun ternyata kondisi itu hanya bersifat sementara dan akan meningkat jauh lebih cepat dan lebih kencang setelah itu. Sejumlah riset lain juga menemukan manfaat puasa yang mampu mengatur hormon hipotalamus-pituatari testicular dan meningkatkan pembentukan sperma.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Murah

Statistik