Segudang Manfaat Beras Merah yang Berkhasiat Obat


Meski kalah popular dibandingkan beras putih, namun manfaat beras merah jauh lebih baik karena kandungan nutrisinya yang lebih baik untuk kesehatan. Ada beberapa jenis beras yang dibedakan berdasarkan warnanya yang berlainan. Meskipun varietasnya sama, warna beras ini terjadi akibat perbedaan genetik yang mengatur warna isi beras.

manfaat beras merah

Beras merupakan biji padi yang terdiri 3 lapis. Lapis terluar bernama aleuron yang sering ikut terbuang dalam proses pemisahan kulit. Bagian endosperma yang banyak mengandung pati dan protein, serta bagian embrio atau mata beras yang dimanfaatkan sebagai benih.

Perbedaan warna pada beras terjadi karena gen yang terdapat didalamnya berbeda-beda. Gen inilah yang mengatur komposisi pati pada endospermia maupun warna aleuron dan endospermia. Beras merah terutama karena tingginya kandungan aleuron yang menghasilkan gen antosianin yang menjadi sumber warna merah pada beras.

Sedangkan beras putih mengandung sedikit aleuron. Juga ada beras hitam dimana gen aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi namun jenis beras ini sangat langka dan sulit diperoleh. Antosianin diketahui merupakan senyawa penting yang bersifat anti oksidan, anti kanker, anti hipertensi, dan juga anti glisemik tinggi yang berguna untuk menangkal diabetes.

Dibandingkan beras putih, manfaat beras merah diyakini lebih berkhasiat obat dengan kandungan nutrisi yang lebih baik. Nah, nilai nutrisi dalam secangkir nasi beras merah tumbuk antara lain mengandung 216,45 kalori dan mampu memenuhi kebutuhan mineral mangan harian hingga 88 persen, 21 persen kebutuhan magnesium, 18,8 persen asam amino triptofan, serta 27 persen kebutuhan harian selenium.

Kandungan protein pada beras merah sebanyak 8,2 gr yang jauh lebih baik dari beras putih 6,8 gr, begitu juga kandungan seratnya sekitar 3,5 gram yang jauh lebih banyak dibandingkan beras putih yang kurang dari 1 gram. Beras merah juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, asam lemak alfa-linolenat, maupun zat besi.

Inilah Ragam Manfaat Beras Merah

Dibandingkan beras putih, beras merah memiliki khasiat obat yang lebih baik. Bahkan khasiat obat ini telah dikenal sejak ribuan tahun lalu dimana beras merah sering digunakan sebagai obat untuk menenangkan hati. Berikut ini segudang manfaat beras merah untuk kesehatan yang perlu anda tahu.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Sistem Saraf

Kandungan tiamin beras merah yang cukup tinggi bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, system syaraf, mencegah penyakit beri-beri, serta melancarkan pencernaan.

  1. Menangkal Penyakit Kanker dan Hipertensi

Enzim antosianin pada warna merah maupun kandungan minyak esensial dalam beras merah berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, serta mengontrol tekanan darah tinggi sehingga sangat baik untuk menangkal risiko terkena kanker dan hipertensi.

  1. Menangkal Penyakit Diabetes

Kandungan magnesium maupun rendahnya glikemik dalam beras merah sangat berguna dalam mengurangi kadar gula dalam darah maupun mengontrol insulin dalam tubuh sehingga dapat menekan risiko terkena penyakit diabetes.

  1. Mengatasi Penyakit Asma

Kandungan magnesium pada beras merah berguna dalam mengatur pernapasan tubuh dan menangkal gangguan asma. Karena itu konsumsi secara berkala akan memberikan manfaat beras merah dalam membantu mengatasi penyakit asma.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan seratnya yang tinggi juga berguna dalam melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membuat kenyang lebih lama sehingga baik untuk membantu program diet menurunkan berat badan maupun untuk mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan. Kandungan ini juga berguna dalam menekan risiko terkena penyakit kanker usus.

  1. Mengatasi Problem Pascamenopause

Konsumsi beras merah secara rutin juga baik untuk mengatasi berbagai problem kesehatan wanita pasca menopause, seperti tekanan darah tinggi, gejala penyakit jantung, ataupun masalah kolesterol.

  1. Penambah Darah

Beras mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi dan ini sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah sehingga sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan darah dalam tubuh maupun untuk menjaga kesehatan.

  1. Mencegah Osteoporis dan Menjaga Kesehatan Tulang

Beras merah juga mengandung banyak mineral penting yang sangat berguna dalam mencukupi kebutuhan nutrisi tulang dan membuat tulang menjadi lebih padat dan lebih kuat. Mengkonsumsinya secara rutin akan memberikan manfaat beras merah dalam mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang atau osteoporis.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Murah

Statistik