Tips Diet Sehat Untuk Penderita Penyakit Asam Urat


Hal paling mudah yang bisa dilakukan saat sedang menjalankan diet asam urat adalah dengan menghindari atau mengurangi makanan yang banyak mengandung purin. Penyakit asam urat tergolong ke dalam penyakit rematik atau artitis gout. Jenis penyakit asam urat berkaitan erat dengan pola makan. Asam urat terjadi karena penumpukan monosodium urat yang masuk ke dalam sendi. Penyebab terbentuknya asam urat karena tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin.

Tips Diet Sehat Untuk Penderita Penyakit Asam Urat

Makanan diperlukan tubuh untuk pertumbuhan badan, perkembangan, beraktivitas, dan memelihara kesehatan tubuh. Namun tidak semua makanan dibutuhkan oleh tubuh, misalnya purin. Bagi para penderita asam urat, purin harus dihindari atau dikurangi. Karena kandungan purin yang berlebih akan menyebabkan terbentuknya kristal di dalam ginjal dari asam urat di dalam rongga persendian. Lebih parah lagi bila penimbunan terus terjadi di dalam ginjal, sehingga tidak menutup kemungkinan penumpukan asam urat menjadi batu ginjal.

Batasi asupan purin agar anda terhindar dari penyakit asam urat. Adapun salah satu cara agar anda terhindar dari penyakit asam urat adalah dengan menjaga kadar asam urat di dalam darah pada posisi yang normal, adalah antara 5 sampai dengan 7 mg%. Batasan kadar asam urat dalam darah untuk pria adalah 6,5 mg% dan untuk wanita yaitu 5,5 mg%. Bila sudah mencapai di atas batas tersebut akan terjadi pengkristalan. Saat kondisi tubuh dalam kondisi normal atau stabil, asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui keringat dan air seni. Namun asam urat terganggu pengeluarannya bila tubuh sedang sakit diabetes atau fungsi kerja ginjal terganggu dan mengkonsumsi purin yang berlebihan pada makanan.

Tips Diet Sehat Untuk Penderita Asam Urat :

  1. Mengkonsumsi vitamin, protein, mineral dan kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.
  2. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks. Misalnya : mie, singkong, kentang, roti, ubi dan sagu. Karena makanan tersebut sangat membantu untuk pengeluaran asam urat di dalam tubuh melalui air seni.
  3. Melakukan diet rendah protein, makanan yang semakin tinggi kandungan proteinnya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Disarankan bagi penderita asam urat batas maksimal asupan proteinnya antara 50 sampai dengan 70 gram per hari.
  4. Melakukan diet rendah lemak, dikarenakan lemak menjadi penghambat keluarnya asam urat dalam tubuh.
  5. Perbanyak meminum air putih, sedikitnya 2 sampai 3 liter dalam sehari. Mengkonsumsi air putih akan membantu mengeluarkan asam urat yang berlebih dalam tubuh dan mencegah terjadinya pengendapan asam urat pada ginjal.
  6. Hindari alkohol karena kandungan alkohol bisa menjadi penghambat proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

 

Demikianlah tips diet asam urat yang bisa anda lakukan untuk membantu mengobati penyakit asam urat yang sedang anda derita. Namun alangkah lebih baiknya jika anda juga rutin melakukan olahraga.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Statistik